Laboratorium Manajemen sebagai pengembangan kegiatan praktikum Manajemen
Laboratorium Manajemen sebagai pengembangan kegiatan
praktikum Manajemen
Laboratortium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah
Malang dibentuk guna menunjang dan mewadahi berbagai kegiatan dari Jurusan
Manajemen yang bersifat Kurikuler maupun Non Kurikuler sebagaimana amanah dari
Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diemban setiap Perguruan Tinggi. Dengan
demikian aktivitas yang dilakukan oleh lembaga ini adalah mengembangkan
pendidikan dan pengajaran, penelitian serta melakukan pengabdian masyarakat.
Sebagai
sebuah lembaga penunjang bagi Jurusan Manajemen, maka Laboratorium Manajemen
ini menjadi wadah dan pelaksana dari berbagai kegiatan bagi Jurusan Manajemen,
yang dengan demikian maka lembaga ini menjadi pusat kegiatan, pusat data dan
informasi, dan selanjutnya adalah sebagai pusat pengembangan. Oleh karena itu
kegiatan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Manajemen tersebut dikemas
untuk memberikan ‘value added’, yang sangat berarti bagi civitas
akademika, baik bagi mahasiswa maupun bagi tenaga pendidik ataupun pihak lain
yang membutuhkan. Dengan demikian kegiatan yang diselenggarakan oleh
Laboratorium Manajemen mampu menjembatani keahlian transfer knowledge yang
abstrak dan ideal untuk menjadi praktis dan aplikatif dalam tindakan.
Laboratorium Manajemen adalah untuk membantu mahasiswa
Program Studi Manajemen memahami bagaimana praktik-praktik bisnis dalam dunia
nyata berjalan, dan bagaimana keputusan-keputusan bisnis dibuat. Untuk mencapai
tujuan ini, Laboratorium Manajemen menyelenggarakan berbagai macam praktikum,
baik praktikum reguler maupun penunjang/opsional. Di samping praktikum,
Laboratorium Manajemen juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk
mendukung pencapaian tujuan.
Praktikum reguler yang diselenggarakan Laboratorium Manajemen berupa praktikum mata kuliah inti Program Studi Manajemen yang meliputi: Manajemen Umum; Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen; Manajemen Operasi I dan II; Manajemen SDM dan Perilaku Organisasi; dan Manajemen Keuangan I dan II. Di samping itu Laboratorium Manajemen juga menyelenggarakan pelatihan yang sifatnya opsional yang pelaksanaanya sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, seperti pelatihan metodologi penelitian, analisis statistika, dan sebagainya.
Tujuan
Laboratorium Manajemen adalah untuk membantu mahasiswa Program Studi Manajemen
memahami bagaimana praktik-praktik bisnis dalam dunia nyata berjalan, dan
bagaimana keputusan-keputusan bisnis dibuat. Untuk mencapai tujuan ini,
Laboratorium Manajemen menyelenggarakan berbagai macam praktikum, baik
praktikum reguler maupun penunjang/opsional. Di samping praktikum, Laboratorium
Manajemen juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung
pencapaian tujuan. Praktikum reguler yang diselenggarakan Laboratorium
Manajemen berupa praktikum mata kuliah inti Program Studi Manajemen yang
meliputi: Manajemen Umum; Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen; Manajemen
Operasi I dan II; Manajemen SDM dan Perilaku Organisasi; dan Manajemen Keuangan
I dan II. Di samping itu Laboratorium Manajemen juga menyelenggarakan pelatihan
yang sifatnya opsional yang pelaksanaanya sesuai dengan kebutuhan mahasiswa,
seperti pelatihan metodologi penelitian, analisis statistika, dan
sebagainya.Untuk menunjang efektivitas proses praktikum dan pelatihan yang
diselenggarakan, Laboratorium Manajemen menggunakan 2 ruang praktikum reguler
ber-AC dan tersedia LCD dan pengeras suara, 1 ruang untuk praktikum berbasis
komputasi, dan 1 ruang untuk kegiatan administrasi perkantoran. Dalam menunjang
kelancaran proses praktikum, setiap mata praktikum disediakan modul-modul, alat
peraga, dan data yang dibutuhkan. Pada saat pelaksanaan praktikum, peserta
dipandu oleh instruktur dan dibantu seorang asisten.
https://lab-manajemen.umm.ac.id/ Lab
Manajemen FEB UMM
https://www.youtube.com/channel/UC-GMmAtdPcxSALOZg1DnN4w
Komentar
Posting Komentar