Laboratorium Manajemen sebagai pengembangan kegiatan praktikum Manajemen

 

Laboratorium Manajemen sebagai pengembangan kegiatan praktikum Manajemen

 

            Laboratortium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang dibentuk guna menunjang dan mewadahi berbagai kegiatan dari Jurusan Manajemen yang bersifat Kurikuler maupun Non Kurikuler sebagaimana amanah dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diemban setiap Perguruan Tinggi. Dengan demikian aktivitas yang dilakukan oleh lembaga ini adalah mengembangkan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta melakukan pengabdian masyarakat.

Sebagai sebuah lembaga penunjang bagi Jurusan Manajemen, maka Laboratorium Manajemen ini menjadi wadah dan pelaksana dari berbagai kegiatan bagi Jurusan Manajemen, yang dengan demikian maka lembaga ini menjadi pusat kegiatan, pusat data dan informasi, dan selanjutnya adalah sebagai pusat pengembangan. Oleh karena itu kegiatan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Manajemen tersebut dikemas untuk memberikan ‘value added’,  yang sangat berarti bagi civitas akademika, baik bagi mahasiswa maupun bagi tenaga pendidik ataupun pihak lain yang membutuhkan. Dengan demikian kegiatan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Manajemen mampu menjembatani keahlian transfer knowledge yang abstrak dan ideal untuk menjadi praktis dan aplikatif dalam tindakan.

 

 




 

 Laboratorium Manajemen adalah untuk membantu mahasiswa Program Studi Manajemen memahami bagaimana praktik-praktik bisnis dalam dunia nyata berjalan, dan bagaimana keputusan-keputusan bisnis dibuat. Untuk mencapai tujuan ini, Laboratorium Manajemen menyelenggarakan berbagai macam praktikum, baik praktikum reguler maupun penunjang/opsional. Di samping praktikum, Laboratorium Manajemen juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung pencapaian tujuan.  

Praktikum reguler yang diselenggarakan Laboratorium Manajemen berupa praktikum mata kuliah inti Program Studi Manajemen yang meliputi: Manajemen Umum; Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen; Manajemen Operasi I dan II; Manajemen SDM dan Perilaku Organisasi; dan Manajemen Keuangan I dan II. Di samping itu Laboratorium Manajemen juga menyelenggarakan pelatihan yang sifatnya opsional yang pelaksanaanya sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, seperti pelatihan metodologi penelitian, analisis statistika, dan sebagainya.

Tujuan Laboratorium Manajemen adalah untuk membantu mahasiswa Program Studi Manajemen memahami bagaimana praktik-praktik bisnis dalam dunia nyata berjalan, dan bagaimana keputusan-keputusan bisnis dibuat. Untuk mencapai tujuan ini, Laboratorium Manajemen menyelenggarakan berbagai macam praktikum, baik praktikum reguler maupun penunjang/opsional. Di samping praktikum, Laboratorium Manajemen juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung pencapaian tujuan. Praktikum reguler yang diselenggarakan Laboratorium Manajemen berupa praktikum mata kuliah inti Program Studi Manajemen yang meliputi: Manajemen Umum; Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen; Manajemen Operasi I dan II; Manajemen SDM dan Perilaku Organisasi; dan Manajemen Keuangan I dan II. Di samping itu Laboratorium Manajemen juga menyelenggarakan pelatihan yang sifatnya opsional yang pelaksanaanya sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, seperti pelatihan metodologi penelitian, analisis statistika, dan sebagainya.Untuk menunjang efektivitas proses praktikum dan pelatihan yang diselenggarakan, Laboratorium Manajemen menggunakan 2 ruang praktikum reguler ber-AC dan tersedia LCD dan pengeras suara, 1 ruang untuk praktikum berbasis komputasi, dan 1 ruang untuk kegiatan administrasi perkantoran. Dalam menunjang kelancaran proses praktikum, setiap mata praktikum disediakan modul-modul, alat peraga, dan data yang dibutuhkan. Pada saat pelaksanaan praktikum, peserta dipandu oleh instruktur dan dibantu seorang asisten. 




https://lab-manajemen.umm.ac.id/                                        Lab Manajemen FEB UMM 

                                    https://www.youtube.com/channel/UC-GMmAtdPcxSALOZg1DnN4w    



Komentar

Postingan Populer